Penyebab mata menjadi minus

Mata Minus merupakan sebuah keadaan dimana jika seseorang mengalaminya, maka penyakit ini akan cenderung terus bertambah terutama jika ia masih berada pada masa pertumbuhan. Seiring dengan bertambahnya tinggi badan, maka minus pada mata pun akan bertambah dikarenakan sumbu bola mata yang ikut bertambah panjang.

Namun hal yang paling utama menyebabkan mata minus adalah kelengkungan kornea yang lebih pendek serta sumbu bola mata yang terlalu panjang. Kedua hal tersebut biasanya diperoleh melalui orang tua atau keturunan. Bila ternyata bukan keturunan, mata minus bisa diakibatkan karena aktivitas dekat terlalu lama, misalnya banyak membaca atau terlalu lama bekerja dengan komputer.

Frame Kacamata Rayban 2007 coklat, pink, hijau

Umumnya mata minus terjadi bila kita sering berkerja atau melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama. Ketika ini terjadi otot di mata kita yang mengatur fokus mata akan terbiasa dengan kondisi seperti ini. Menggunakan kacamata untuk mengkoreksi mata minus akan memaksa otot mata Anda untuk terbiasa dengan kondisi yang tidak normal sehingga dapat membuat mata minus semakin parah ketika anda tetap melalukan pekerjaan rutin secara dekat.

Sebagaimana yang telah kita tahu mata itu bagaikan kamera video. Ketika manusia melihat obyek tertentu, maka ada cahaya yang masuk mata. Cahaya ini harus melalui 4 struktur utama. Ketika sinyal cahaya mengalami distorsi atau rusak, hal ini dapat mengakibatkan penglihatan yang buruk.

Berikut adalah 4 struktur utama dan penjelasan bagaimana cahaya mempengaruhi masing-masing struktur :

Kornea Mata : Ini adalah titik dimana cahaya masuk.

Lensa Mata : Setelah cahaya memasuki mata, maka akan bertemu dengan lensa, lensa kemudian memfokuskan cahaya tipis pada retina.

Retina Mata : Pada Retina, cahaya akan berubah menjadi sinyal saraf dan kemudian otak akan menafsirkannya dalam bentuk sebuah gambar.

Kelopak Mata : Ketika kelopak mata mengalami peradangan, ada kemungkinan bahwa saluran yang memproduksi air mata akan rusak dan keadaan ini dapat mempengaruhi air mata yang melapisi kornea. Ketika ini terjadi, maka penglihatan menjadi kabur, yang biasanya dapat dihilangkan dengan berkedip mata.

Mata adalah bagian rapuh tetapi vital pada tubuh manusia dan sayangnya sering diabaikan kebutuhannya. oleh karena itu sebagai informasi kami akan memaparkan daftar singkat dari apa yang dapat menyebabkan penglihatan menjadi buruk :

Genetika : Salah satu yang menyebabkan penglihatan yang buruk adalah dari faktor keturunan.

Menatap dan mata tegang : hati hati dengan kegiatan menatap dengan waktu yang sangat lama dan jarak yang sangat pendek, karena sedikit sedikit dapat aktivitas tersebut dapat menyebabkan mata menjadi rusak. Mata Anda perlu digerakkan secara konstan.

Ekspresi muka : terkadang hal-hal sepele dapat yang kadang kita sendiri juga melakukannya dapat mengakibatkan mata menjadi rusak diantaranya mengerutkan dahi, mengangkat alis atau bahkan menyipitkan mata . Soalnya aktivitas tersebut dapat memberikan beban pada otot-otot yang mengontrol mata Anda.

Tidak cukup istirahat : Sudah sangat jelas, sebagaimana tubuh maka mata anda pun membutuhkan istirahat yang cukup agar mata tetap terjaga kesehatannya. Oleh karena itu, Istirahatlah saat mata sudah terasa lelah.

Stres : Stres adalah penyebab nomor satu kematian. Jadi bisa dibayangkan dampak yang diakibatkan stress pada penglihatan Anda.

Kebiasaan makan yang buruk : Makan makanan sehat dan dengan gizi seimbang adalah cara terbaik untuk memperbaiki kesehatan secara umum.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s